Modul Senayan


Web-Based Library Automation System
Manual 1.0
1
DAFTAR ISI
DAFTAR ISI……………………………………………………………………………………………………………………….2
Pendahuluan……………………………………………………………………………………………………………………….4
Kebutuhan Sistem………………………………………………………………………………………………………………..5
Persyaratan Software: ………………………………………………………………………………………………….5
Persyaratan Hardware :…………………………………………………………………………………………………5
Instalasi………………………………………………………………………………………………………………………………6
Instalasi Senayan (dari source)………………………………………………………………………………………6
Instalasi Portable Senayan di Windows…………………………………………………………………………12
Home……………………………………………………………………………………………………………………………….16
Bibliography……………………………………………………………………………………………………………………..17
Menu Add New Bibliography………………………………………………………………………………………17
Menu Bibliographic List……………………………………………………………………………………………..19
Menu Item List…………………………………………………………………………………………………………..20
Menu Checkout Items…………………………………………………………………………………………………21
Menu Labels Printing …………………………………………………………………………………………………22
Menu Item Barcodes Printing………………………………………………………………………………………23
Membership………………………………………………………………………………………………………………………26
Menu View Member List…………………………………………………………………………………………….26
Menu Add New Member……………………………………………………………………………………………..26
Menu Member Type……………………………………………………………………………………………………27
Circulation………………………………………………………………………………………………………………………..28
Menu Start Transaction……………………………………………………………………………………………….28
Menu Quick Return ……………………………………………………………………………………………………29
Menu Loan Rules ………………………………………………………………………………………………………29
Menu Transaction History……………………………………………………………………………………………29
Menu Overdues…………………………………………………………………………………………………………30
Stock Take………………………………………………………………………………………………………………………..31
Menu Stock Take History…………………………………………………………………………………………….31
Menu Current Stock Take……………………………………………………………………………………………31
Menu Stock Take Report……………………………………………………………………………………………..32
Menu Init Stock Take………………………………………………………………………………………………….32
Reporting………………………………………………………………………………………………………………………….34
Menu Statistic …………………………………………………………………………………………………………..34
Menu Loan Report……………………………………………………………………………………………………..34
Menu Member Report ………………………………………………………………………………………………..35
System……………………………………………………………………………………………………………………………..36
Menu Global System Configuration……………………………………………………………………………..36
Menu Module……………………………………………………………………………………………………………36
Menu User………………………………………………………………………………………………………………..37
Menu User Groups……………………………………………………………………………………………………..38
Menu Holiday Setting…………………………………………………………………………………………………38
Menu Generate Barcode………………………………………………………………………………………………39
Menu System Logs……………………………………………………………………………………………………..40
Menu Backup Database………………………………………………………………………………………………41
Master File………………………………………………………………………………………………………………………..42
Opac…………………………………………………………………………………………………………………………………44
KONVERSI DATA BIBLIOGRAFI DARI ATHENAEUM KE SENAYAN……………………………..46
Membuat File CSV…………………………………………………………………………………………………….46
Memodifikasi File CSV………………………………………………………………………………………………53
2


Mengimport File CSV ke SENAYAN……………………………………………………………………………56
KONVERSI DATA MEMBER DARI ATHENAEUM KE SENAYAN……………………………………..65
Membuat file CSV……………………………………………………………………………………………………..65
Mengimport file CSV ke SENAYAN…………………………………………………………………………….70
Credit Title:……………………………………………………………………………………………………………………….76
Penjurus……………………………………………………………………………………………………………………………77
3
Pendahuluan
Pendahuluan
SENAYAN adalah Open Source Software (OSS) berbasis web untuk memenuhi kebutuhan
automasi perpustakaan (library automation) skala kecil hingga skala besar. Dengan fitur
yang lengkap, SENAYAN sangat cocok digunakan bagi perpustakaan yang memiliki
koleksi, anggota dan staf banyak di lingkungan jaringan, baik itu jaringan lokal (intranet)
maupun Internet.
Keunggulan SENAYAN lainnya adalah multi-platform, yang artinya bisa berjalan secara
natif hampir di semua Sistem Operasi yang bisa menjalankan bahasa pemrograman PHP
dan RDBMS MySQL. SENAYAN sendiri dikembangkan di atas platform GNU/Linux dan
berjalan dengan baik di atas platform lainnya seperti FreeBSD dan Windows.
Fitur Senayan antara lain:
● Online Public Access Catalog (OPAC) dengan pembuatan thumbnail yang di-generate
on-the-fly. Thumbnail berguna untuk menampilkan cover buku. Mode penelusuran
tersedia untuk yang sederhana (Simple Search) dan tingkat lanjut (Advanced Search)
● Detail record juga tersedia format XML (Extensible Markup Language) untuk
kebutuhan web service.
● Manajemen data bibliografi yang efisien meminimalisasi redundansi data.
● Manajemen masterfile untuk data referensial seperti GMD (General Material
Designation), Tipe Koleksi, Penerbit, Pengarang, Lokasi, Supplier, dan lain-lain.
● Sirkulasi dengan fitur:
● transaksi peminjaman dan pengembalian
● Reservasi koleksi
● Aturan peminjaman yang fleksibel
● Manajemen keanggotaan
● Inventarisasi koleksi (stocktaking)
● Laporan dan Statistik
● Senayan mendukung beragam format bahasa termasuk selain latin.
● Modul sistem dengan fitur:
● Konfigurasi sistem global
● Manajemen modul
● Manajemen User (Staf Perpustakaan) dan grup
● Pengaturan hari libur
● Pembuatan barcode otomatis
● Utilitas untuk backup
4
Pendahuluan
Kebutuhan Sistem
Persyaratan Software:
● Engine skripting PHP 5 (minimal versi 5.1. Senayan dikembangkan dengan PHP
versi 5.2.4) dengan beberapa catatan:
● Dukungan GD diaktifkan. GD diaktifkan dengan dukungan terhadap format
PNG, JPG, GIF, dan FreeType (pada sistem UNIX, jika meng-instal dari source
code bisa dilakukan dengan opsi kompilasi –-with-gd –-with-png-dir=/usr/lib
–-with-jpeg-dir=/usr/lib -–with-freetype-dir=/usr/lib dan pastikan library dan
header development PNG, JPEG dan Freetype telah diinstal. Cek dokumentasi
instalasi paket yang dibutuhkan dari Sistem Operasi atau distro yang anda
gunakan).
● Dukungan XML (biasanya sudah otomatis diaktifkan di PHP5)
● Dukungan ekstension mysqli
● Web server (direkomendasikan Apache 2.2)
● Server database MySQL (direkommendasikan >= 5.0)
● utilitas mysqldump untuk backup database
● Sistem Operasi GNU/Linux, FreeBSD, Solaris or Windows
● Browser dengan kapabilitas Javascript 1.5, AJAX and CSS 2 seperti: Mozilla
Firefox 2, Opera 9, Konqueror 3.5, atau Microsoft Internet Explorer >= 6.0
● Pembaca dokumen PDF seperti Adobe Reader, Evince atau Foxit PDF Reader untuk
melihat dokumen PDF yang di-generate oleh Senayan
Persyaratan Hardware :
● Prosesor kelas Pentium III
● RAM 256 MB
● Standard VGA dengan dukungan warna 16-Bit
● Opsional : Pembaca Barcodes untuk memindai barcode saat sirkulasi.
5
Kebutuhan Sistem
Instalasi
Instalasi Senayan (dari source)
Pastikan Web Server (misalnya Apache web server), MySQL database server, dan PHP
scripting engine telah terinstall dan berjalan dengan baik. Akan lebih mudah lagi kalau
PhpMyAdmin juga diinstal karena akan sangat membantu setup database via interface
web. Jika anda menggunakan Windows, direkomendasikan menggunakan portable
Senayan for Windows yang sudah terbukti stabil untuk Senayan dan mudah diinstal dan di
backup (cukup kopi folder).
Instalasi Senayan dari source lebih direkomendasikan untuk platform selain Windows
seperti GNU/Linux dan Unix karena pada platform tersebut kondisinya relatif lebih
beragam. Di Unix/Linux, instalasi Web server (misal Apache), MySQL dan PHP bisa
dilakukan melalui paket binary bawaan distro masing-masing. Atau instalasi dari source
code yang menawarkan fleksibilitas.
Senayan dikembangkan pada platform GNU/Linux (Zenwalk dan Ubuntu) dan sudah
dicoba dalam skala produksi di beberapa server yang berbasis Centos Linux, FreeBSD dan
Windows. Pada dasarnya tidak ada masalah dengan Operating System yang digunakan.
Yang penting PHP dan MySQL sudah berjalan dengan baik pada Operating System
tersebut.
1. Sekarang letakkan source senayan pada web document root web server yang anda
gunakan. Contoh: saya menggunakan Ubuntu Linux dan menginstall Apache Webserver
dari source code. Web document root nya terletak di /usr/local/apache/htdocs. Jika
anda menggunakan xampplite, webdoc root biasanya terletak pada \xampplite\htdocs.
Masih di Windows, jika anda meng-install Apache satu persatu (bukan melalui paket
AMP), webdocroot biasanya terdapat di \program files\apache group\apache2\htdocs.
6
Instalasi
2. Ekstrak file senayan3-*.tar.gz di direktori yang sama. Pada Windows anda bisa
menggunakan Winzip. Pada Linux anda bisa menggunakan tools bawaan Linux. Misalnya
(pada Ubuntu yang saya gunakan) dengan menjalankan perintah:
sudo gunzip -d -c senayan3-stable1.tar.gz | sudo tar xvf –
akan terbentuk folder/direktori senayan3-stable1
3. Sekarang masuk ke folder senayan3-stable1 yang baru terbentuk.
7
cd senayan3-stable1
Ada dua file sql yang akan kita masukkan untuk struktur dan data contoh aplikasi
senayan. Untuk melihatnya, jalankan perintah:
ls -la *.sql
Sekarang dengan user yang punya akses untuk membuat database (contoh: root),
kemudian buat database dengan nama ‘senayan”:
mysql -u root -p
mysql> CREATE DATABASE senayan;
mysql> SHOW DATABASES;
mysql> quit;
4. Pembuatan database senayan dengan menggunakan PhpMyAdmin.
5. Berikutnya membuat struktur data senayan dan meng-instal data sampel.
mysql -u root -p senayan < senayan.sql
mysql -u root -p senayan < sample_data.sql
8
6. Import senayan.sql dan sample_data.sql melalui PhpMyAdmin.
7. Opsional, dengan alasan keamanan, anda bisa membuat user khusus untuk database
senayan. Caranya jalankan perintah berikut:
mysql -u root -p
mysql> GRANT ALL PRIVILEGES ON senayan.* TO ‘senayanuser’@’localhost’
IDENTIFIED BY ‘password_senayanuser’;
9
8. Sekarang edit file sysconfig.inc.php dengan editor favorit anda (misal: notepad, vim),
kemudian ubah Database connection config. Jika nama database anda berbeda, ubah
nilai dari DB_NAME. Begitu juga dengan DB_USERNAME dan DB_PASSWORD. Simpan
perubahannya, kemudian tutup editor anda.
9. Di Unix/Linux, Pastikan Apache web server bisa melakukan aksi tulis ke direktori
images dan lib/dompdf/lib. Bisa dengan dua cara. Pertama dengan mengubah hak akses
direktori sehingga bisa ditulis (change mode). Sebagai root lakukan:
chmod -R 777 images
chmod -R 777 lib/dompdf/lib
Cara kedua dengan mengubah kepemilikan user direktori tersebut (anda harus tahu
terlebih dahulu user yang menjalankan proses web server. Misalnya user “daemon”,
nobody, dan lain-lain). Sebagai root lakukan:
chown -R daemon images
chown -R daemon lib/dompdf/lib
10
10. Sekarang coba akses ke http://localhost/senayan3-stable1. Senayan sudah bisa
digunakan.
11
Instalasi Portable Senayan di Windows
Portable Senayan for Windows adalah paket software yang terdiri dari aplikasi Senayan,
Apache Web Server, PHP Scripting engine, MySQL database Server dan PHPMyAdmin.
Ditujukan agar orang mudah melakukan instalasi Senayan tanpa dipusing menginstall
software lain (web server, mysql, php) terlebih dahulu. Tinggal copy, ekstrak dan
jalankan!
1. Kopi file psenayan-x.x.zip (misalnya psenayan-3.0.zip) ke
root directory. Misalnya ke c:\ atau d:\. Jangan letakkan
didalam direktori.
2. Ekstrak file psenayan-x.x.zip langsung ke root directory. Jika anda telah menginstal
utiliti untuk ekstrak file terkompresi seperti Winzip atau Winrar, biasanya klik kanan
pada file, akan memunculkan opsi “Extract Here”. Pilih opsi tersebut.
12
3. Otomatis akan terbentuk folder
“psenayan”. Berikutnya masuk ke dalam
direktori tersebut.
4. Sekarang Jalankan file “apache_start.bat”
dan “mysql_start.bat”. Pertama jalankan file
“apache_start.bat” terlebih dahulu (doubleclick
pada file tersebut).
5. Pada Windows yang Firewall-nya aktif,
biasanya akan muncul pop-up “Windows
Security Alert”. Klik tombol “Unblock” untuk
mengijinkan komputer menjalankan proses
Apache web server.
6. Jika proses Apache berhasil
diaktifkan, akan muncul window
dengan pesan “Apache 2 is
starting”. Biarkan window tersebut.
13
7. Berikutnya aktifkan mysql
database server dengan melakukan
double-click pada file
“mysql_start.bat”. Pada Windows
yang Firewall-nya aktif, biasanya
akan muncul pop-up “Windows
Security Alert”. Klik tombol
“Unblock” untuk mengijinkan
komputer menjalankan proses
Mysql database server.
8. Jika proses MySQL berhasil diaktifkan, akan muncul window dengan pesan “ready for
connections”. Biarkan window tersebut.
14
9. Aktifkan browser, kemudian akses http://localhost. Akan muncul tampilan OPAC dari
aplikasi Senayan. Sekarang Senayan sudah bisa digunakan. Jika ingin mematikan proses
Apache dan MySQL, double-click pada file “apache_stop.bat” dan “mysql_stop.bat”.
15
Home
Home merupakan tampilan paling awal ketika User/Administrator Senayan melakukan
login. Dalam Home disediakan/dikumpulkan fasilitas yang dalam kegiatan perpustakaan
paling banyak digunakan.
Fasilitas tersebut adalah:
● Change User Profile
untuk mengubah nama user dan password yang digunakan
● Add New Bibliography
Untuk menambah bibliografi baru
● Start Transaction
Untuk memulai proses transaksi sirkulasi
● Return Item: Untuk proses pengembalian cepat.
● Add New Member: untuk menambah anggota baru.
Gambar 1: fasilitas dalam Home
16
Home
Bibliography
Modul ini berisi menu Add New Bibliography (membuat data bibliografi/katalog baru),
Bibliographic List (melihat daftar bibliografi), Item List (melihat daftar item/kopi
koleksi), Chekout Items (melihat daftar item yang sedang dipinjam). Selain itu, pada
modul ini juga dilengkapi dengan Labels Printing (mencetak label) dan Item Barcodes
Printing (mencetak item barcode). Untuk melihat daftar bibliografi dilakukan dengan klik
pada navigasi Bibliography List, demikian pula jika kita ingin melihat daftar item klik
pada Item List, melihat Item yang sedang dipinjam klik pada menu Checkout Items.
● Menu Add New Bibliography
Menu ini digunakan untuk menambah bibliografi baru, klik pada Add New
Bibliography. Maka akan muncul layar seperti dibawah ini:
Gambar 2 : Form untuk menambakan data bibliografi/katalog
Metadata yang harus kita isikan adalah:
● Title : Judul koleksi
● Edition : Pernyataan edisi
● Author : Kepengarangan
17
Bibliography
● GMD : General Material Designation
● ISBN/ISSN : Nomor ISBN atau ISSN
● Class : Nomor klasifikasi koleksi (DDC, UDC atau lainnya).
Class ini akan sangat berguna dalam proses Stock Take.
● Publisher : Nama Penerbit, diambilkan dari data yang ada pada
Master File
● Publish Year : Tahun Terbit
● Publication Place : Tempat Terbit
● Collation : Kolasi/Deskripsi Fisik
● Series Title : Judul seri (jika ada)
● Call Number : Nomor Panggil Koleksi
● Topics : Topic/subyek. Data ini juga dapat diambil dari
Master File
● Notes : Catatan penting berkaitan dengan bibliografi
● Image : Gambar (biasanya sampul) yang menunjukkan
identitas koleksi. Gambar ini akan muncul di OPAC
● File Attachment : Dapat diisi dengan file yang berkaitan dengan
koleksi (misalnya hasil scan halaman daftar isi koleksi bersangkutan).
Setelah data kita isikan, klik Save. Jika berhasil maka sistem akan memunculkan
informasi bahwa data bibliografi, file dan gambar telah sukses di simpan. Layar
tidak akan berganti, namun akan bertambah. Tambahannya adalah sebuah form
dimana kita dapat memasukkan item. Letaknya dibawah field Edition.
Tugas berikutnya adalah memasukkan Item. Item dapat dipahami sebagai kopi
dari koleksi dimana setiap item memiliki kode barcode (Item Code) yang unik.
Kode inilah yang merupakan kode unik yang mewakili tiap eksemplar koleksi. Cara
menambah item ini adalah dengan klik pada Add New Item, maka akan muncul
pop-up window seperti gambar berikut ini :
18
Gambar 3 : Pop-up window untuk menambahkan Item/Kopi
Form penambahan item ini berisi field sebagai berikut:
● Title
● Item code
● Location (mengacu pada Master File)
● Site/Placement
● Collection Type
● Item Status
● Order Number
● Order Date
● Received Date
● Supplier
● Item Source
● Invoice
● Invoice Date
● Price
● Menu Bibliographic List
Menu ini digunakan untuk melihat data bibliografi yang sudah ada dalam
database Senayan. Informasi yang dimunculkan dalam menu ini adalah: Title, ISBN/
ISSN, Copies dan Last Update. Dengan menu ini pula, bibliografi dapat dicari untuk
di edit atau di hapus. Berikut langkah untuk mengedit atau menghapus bibliografi
lewat menu Bibliographic List:
19
● Cari bibliografi yang akan diubah dengan mengetikkan judul pada
Search Bibliografi, kemudian klik Search
● Setelah ditemukan, check box data yang akan di hapus lalu klik
Delete Selected Data atau klik icon edit (sebelah kiri judul) untuk
mengedit .
● Muncul tampilan data bibliografi yang masih di disable. Aktifkan
mode edit dengan klik icon Edit di pojok kanan bawah atau pojok
kanan atas.
● Edit bagian yang perlu, kemudian klik Save Change.
Gambar 4: Bibliographic list
Gambar 5 : Edit bibliography
● Menu Item List
Menu ini digunakan untuk melihat item yang dalam database Senayan. Informasi
yang ada dalam menu ini adalah: Item Code, Title, Classification, dan Last Update.
Dengan menu ini dapat pula dilakukan proses edit dan hapus item. Berikut
langkah untuk mengedit atau menghapus item:
● Cari item yang akan diubah/hapus dengan mengetikkan judul atau
20
item code pada kolom Search, kemudian klik Search
● Setelah ditemukan, check box data yang akan di hapus lalu klik
Delete Selected Data atau klik icon edit (sebelah kiri judul) untuk
mengedit .
● Muncul tampilan data item yang masih di disable. Aktifkan mode
edit dengan klik icon Edit di pojok kanan bawah atau pojok kanan
atas.
● Edit bagian yang perlu, kemudian klik Save Change.
Gambar 6 : item list
Gambar 7 : edit item
● Menu Checkout Items
Menu ini memberikan informasi tentang item yang sedang dipinjam. Dalam menu
ini dilengkapi juga dengan fasilitas pencarian dengan pendekatan item dan judul
bibliografi. Informasi yang ada dalam menu ini adalah Item Code, Member ID
peminjam, Title, Loan Date (tanggal pinjam), Due Date (tanggal kembali).
21
Gambar 8: Checkout item
● Menu Labels Printing
Dengan menu ini kita dapat mencetak label koleksi berdasar data bibliografi yang
sudah dimasukkan dalam Senayan. Berikut urutan mencetak label menggunakan
menu Labels Printing:
● Klik Labels Printing, maka akan muncul tampilan sebagai berikut:
Gambar 9 : Labels printing
● Pilih bibliografi yang akan dicetak labelnya. Gunakan tombol Shift+klik
kotak chek box untuk memilih lebih dari satu secara berurutan dengan
cepat. Catatan: sekali cetak maksimal 50 data.
● Klik Add to Print Queue untuk memasukkan pilihan ke dalam antrian
cetak.
● Klik Print Selected Data untuk mulai mencetak, maka akan muncul popup
yang meminta kita untuk membuka hasil cetakan (dalam bentuk .pdf)
22
Gambar 10 : selesai mencetak
Gambar 11 : hasil cetakan
● Menu Item Barcodes Printing
Menu ini sebagai sarana mencetak barcode berdasar data item yang sudah
dimasukkan dalam Senayan. Berikut urutan mencetak barcode menggunakan menu
Item Barcodes Printing:
● Klik Item Barcode Printing, maka akan muncul tampilan sebagai
berikut:
23
Gambar 12 : item barcode printing
● Pilih item yang akan dicetak. Gunakan tombol Shift+klik kotak check
box untuk memilih lebih dari satu secara berurutan dengan cepat.
Catatan: sekali cetak maksimal 50 data.
● Klik Add to Print Queue untuk memasukkan ke antrian cetak.
● Klik Print Selected Data untuk mulai mencetak. maka akan muncul
pop-up yang meminta kita untuk membuka hasil cetakan (dalam
bentuk .pdf)
Gambar 13 : Selesai mencetak
24
Gambar 14 : hasil cetakan
25
Membership
Modul Membership digunakan untuk mengelola data anggota. Menu-menu ini terdapat
beberapa menu, yaitu:
● Menu View Member List
Digunakan untuk melihat anggota yang telah terdaftar dalam sistem. Informasi
yang ditampilkan adalah Member ID, Member Name, Membership Type, Email,
Last update. Pada daftar ini dilengkapi pula dengan fasilitas DELETE dan EDIT.
Gambar 15 : List data anggota
● Menu Add New Member
Fasilitas untuk menambahkan data anggota baru ke dalam sistem Senayan. Data
anggota yang dimasukkan adalah: Member Code (ID Anggota -barcode/RFID-),
Member Name (Nama Lengkap Anggota), Institution (nama institusi, nama kantor
atau nama organisasi), Member Type (Tipe Keanggotaan), Gender (Jenis Kelamin),
E-mail, Address (Alamat rumah atau kantor), Postal Code (Kode Pos), Phone
Number (Nomor Telepon), Fax Number (Nomor Fax), Personal ID Number
(Nomor ID Personal seperti no. KTP), Notes (Catatan singkat), dan Upload Photo
(File foto anggota).
26
Membership
Gambar 16 : Form Add New Member
● Menu Member Type
Merupakan definisi jenis keanggotaan. Di dalam jenis keanggotaan ini di tetapkan
Loan Limit (batas eksemplar peminjaman), Loan Periode (lama pinjam),
Reservation (pemesanan), Reserve Limit (batas eksemplar pemesanan),
Membership Periode (lama keanggotaan), Reborrow Limit (batas perpanjangan),
Fine Each Day (denda perhari), dan Pending Membership (status keanggotaan).
Gambar 17 : Form Member Type
27
Circulation
Modul ini dipakai untuk proses sirkulasi. Beberapa menu yang ada di dalamnya adalah:
● Menu Start Transaction
Untuk melakukan transaksi melalui Member ID (ID anggota). Setelah
Member ID dimasukkan, maka akan muncul informasi anggota, yaitu:
Member Name (nama anggota), Member E-Mail (email anggota), Register
Date (tanggal mendaftar), Member ID (ID anggota), Member Type (jenis
keanggotaan), Expire Date (tanggal akhir keanggotaan) dan foto anggota.
Dibawahnya terdapat tab Loans (untuk melakukan transaksi peminjaman),
Current Loans (daftar peminjaman terkini), Reserve (untuk kebutuhan
pemesanan literatur), Fines (denda), Loan History (sejarah peminjaman
yang dilakukan oleh anggota). Dalam Current Loans juga terdapat fasilitas
untuk mengembalikan (Return) dan memperpanjang (Extend) peminjaman.
Gambar 18: Proses Sirkulasi
Catatan:
Setelah selesai melakukan proses peminjaman (Loans) dan Pemesanan
(Reserve) jangan lupa untuk klik Finish Transaction. Tanpa menekan
tombol Finish Transaction, maka semua proses transaksi tidak akan
tercatat ke dalam sistem.
28
Circulation
● Menu Quick Return
Untuk melakukan pengembalian dengan menggunakan Item Id.
Gambar 19: QuickReturn
● Menu Loan Rules
Merupakan fasilitas untuk mendefinisikan aturan peminjaman yang
didasarkan pada Member Type, Collection Type, GMD. Aturan yang
ditetapkan dalam fasilitas ini adalah Batas Jumlah Peminjaman (Loan Limit),
Periode Peminjaman (Loan Period), Batas Perpanjangan (Reborrow Limit),
Denda per Hari (Fine Each Day).
Gambar 20: Loan Rules
● Menu Transaction History
Berisi data transaksi yang pernah dilakukan. Data yang muncul terdiri dari
Item Code, Member ID, Title, Loan Date dan Due Date.
Gambar 21: Transaction History
29
● Menu Overdues
Merupakan fasilitas untuk mengetahui anggota-anggota dengan
status terlambat. Informasi yang ditampilkan dalam fasilitas ini
adalah Member ID, Member Name, E-mail.
30
Stock Take
Modul Stock Take merupakan fasilitas yang ada di Senayan untuk membantu para
pustakawan melakukan kegiatan stock opname.
Ketika proses stock opname dimulai, semua koleksi kecuali yang dipinjam dianggap
hilang atau lost, masuk ke dalam menu current lost item sampai koleksi yang
bersangkutan di cek pada proses stock take.
Menu-menu yang terdapat pada modul ini adalah:
● Menu Stock Take History
Berisi laporan stock opname yang telah dilakukan. Secara otomatis, setelah kita
menyelesaikan proses stock opname, tersedia laporan stock opname dalam bentuk
.pdf.
Gambar 22: Stock Take History
● Menu Current Stock Take
Bersifat sementara. Apabila tidak ada kegiatan stock opname yang dilakukan,
maka isi dari menu, kosong.
31
Stock Take
● Menu Stock Take Report
Bersifat sementara. Apabila tidak ada kegiatan stock opname yang dilakukan,
maka isi dari menu, kosong.
● Menu Init Stock Take
Menu untuk memulai stock opname. Pada menu ini, terdapat sub-sub menu:
➔ Stock Take Name
Adalah nama dari kegiatan stock opname yang dilakukan. Sesuaikan namanya
dengan keinginan Anda. Sub menu ini MUTLAK harus diisi.
➔ GMD
(Lihat panduan modul Master File –> GMD (di bawah Authority Files)).
➔ Collection Type
(Lihat panduan modul Master File –> Collection Type (di bawah Lookup Files)).
➔ Location
(Lihat panduan modul Master File –> Location (di bawah Authority Files)).
➔ Site/Placement
Mengacu ke informasi item pada modul Bibliography.
➔ Classification
Mengacu ke sub menu class pada modul Bibliography. Untuk penulisan class
menggunakan wildcard (*), misal, apabila kita ingin melakukan stock opname
dengan kisaran class 100 s.d.300, cukup masukkan 1* to 3*. Apabila kisaran
class yang kita lakukan stock opname hanya pada class 100, masukkan 1*.
Gambar 23 : Init Stock Take
32
Pada saat kita memulai stock opname, menu Init Stock Take digantikan dengan
menu Finish Stock Take dan Current Lost Items.
➔ Finish Stock Take
Klik link ini apabila kita telah selesai melakukan stock opname. Didalam menu
ini, terdapat sub menu Purge Lost Item. Apabila kita memberikan tanda cek
pada yes, maka data item pada bibliography yang berada dalam Current Lost
Item akan hilang.
Gambar 24 : Finish Stock Take
➔ Current Lost Items
Isi menu ini merupakan daftar dari koleksi yang dianggap hilang pada saat
stock opname selain koleksi yang dipinjam.
Gambar 25 : Current Lost Item
33
Reporting
Modul ini berisi informasi laporan kegiatan perpustakaan. Informasi tersebut dapat
diakses dengan menekan menu yang terdapat pada navigasi sebelah kiri. Menu tersebut:
● Menu Statistic
Berisi informasi total judul koleksi, total item, total item yang sedang
dipinjam, total item yang berada di perpustakaan (tidak dipinjam), total
judul berdasar GMD, total items berdasar tipe koleksi dan 10 (sepuluh)
koleksi paling populer (paling banyak dipinjam).
Gambar 26: Tampilan Statistik
● Menu Loan Report
Berisi informasi seputar peminjaman. Terdiri dari: total peminjaman,
peminjaman berdasar GMD, peminjaman berdasar tipe koleksi, total
transaksi peminjaman, rata-rata transaksi per hari, anggota yang sedang
mempunyai pinjaman, anggota yang tidak mempunyai pinjaman, dan total
peminjaman yang terlambat.
34
Reporting
Gambar 27: Loan Report
● Menu Member Report
Berisi informasi keanggotaan, yaitu: total anggota yang terdaftar, total
anggota aktif, total anggota berdasar tipe anggota, total anggota yang tidak
aktif dan daftar 10 (sepuluh) anggota teraktif.
Gambar 28: Member Report
Laporan yang ada dalam tiga menu tersebut dapat diperoleh dalam
format .pdf dengan klik tombol Download Report.
35
System
Modul Systems ini terdiri dari:
● Menu Global System Configuration
Form ini dapat anda gunakan untuk melakukan pengubahan preferensi global
aplikasi Senayan, seperti Public Template (tampilan OPAC), Admin Template
(tampilan Admin), Number of Collections to Show in OPAC Result list (jumlah
koleksi yang akan ditampilkan pada setiap halaman di OPAC), Disable/Enable
Quick Return (untuk memperbolehkan pengembalian koleksi dengan metode
cepat), Disable/Enable detail XML di OPAC, Disable/Enable hasil XML di OPAC,
dan seting Allow (mengijinkan) atau Forbid (melarang) pengunjung/pengguna
untuk mengunduh file attachment di OPAC.
Gambar 29: Konfigurasi Global Senayan
● Menu Module
Didalamnya terdiri dari Module List (melihat daftar module), search (mencari
module), Edit dan Delete Modul serta Add New Module (menambah module).
Untuk menambah module, folder modul yang sudah ada diletakkan dalam folder
admin/modules/. Kemudian klik Add New Modules, isikan informasi modul
36
System
baru, yaitu: Module Name (nama modul), Module Path (path/letak modul),
Module Description (deskripsi singkat modul), kemudian klik Save.
Gambar 30: Module List
Gambar 31: Add New Module
● Menu User
Merupakan fasilitas untuk menentukan user yang dapat mengakses sistem sesuai
dengak haknya masing-masing. User ini nantinya dapat melakukan Login sesuai
dengan username dan password-nya masing-masing. Dalam menu ini terdapat
beberapa fasilitas: Add New User (menambah user), Users List (melihat daftar
user), Search (mencari user), Edit dan delete user. Untuk menambah user baru,
klik Add New User, kemudian isikan Login Username, Real Name, Groups,
Password.
37
Gambar 32: Pengelolaan User dan Admin Senayan
● Menu User Groups
Merupakan fasilitas untuk mendefinisikan Groups dari User. Dalam User Groups
ini anda bisa membuat pengelompokan User-user system anda serta memberikan
hak baca (Read) atau Tulis (Write) pada modul-modul Senayan. Setiap User pada
Senayan bisa bergabung ke lebih dari satu grup.
Gambar 33: Add new Group
● Menu Holiday Setting
Merupakan fasilitas untuk menentukan hari-hari libur dimana perpustakaan tidak
membuka pelayanan. Pendefinisian hari libur ini akan perpengaruh pada
perhitungan hari kerja/buka aktif perpustakaan dan perhitungan denda. Ada dua
jenis hari libur yang dapat didefinisikan dalam menu ini, hari libur rutin (senin s.d
minggu) dan hari libur khusus (didefinisikan dengan tanggal, bulan dan tahun).
38
Gambar 34: Set Holiday
Gambar 35: Add Special Holiday
Untuk Set Holiday, pustakawan tinggal memilih hari yang merupakan hari libur
rutin. Sedangkan untuk Add Special Holiday, pustakawan dapat menentukan
tanggal, bulan , tahun serta keterangan hari libur.
● Menu Generate Barcode
Merupakan fasilitas untuk membuat barcode (kode batang).
Gambar 36: Form untuk membuat barcode
39
Gambar 37: Hasil barcode dari Barcode Generator
Masukkan kode-kode yang akan dibuat menjadi barcode pada kolom-kolom yang
ada dilayar. Tentukan ukuran barcode (Small, Medium, atau Big), kemudian klik
tombol Generate Barcode. Maka barcode dapat diunduh dalam bentuk pdf
(Portable Document Format) yang dapat dibuka dengan aplikasi Adobe Reader
dan aplikasi-aplikasi pdf reader lainnya. Default encoding barcode yang digunakan
adalah 128B. Anda dapat merubah encoding barcode ini pada file konfigurasi
global Senayan, sysconfig.inc.php. Temukan baris yang tertulis:
Ubah nilai 128B menjadi tipe encoding yang anda inginkan. Pastikan direktori
images dan lib/dompdf/lib/fonts bisa ditulis oleh web server anda.
Catatan: Karakter yang dapat diproses dalam Barcode Generator hanyalah
kumpulan angka dan huruf.
● Menu System Logs
Merupakan menu untuk melihat rekaman proses yang dilakukan oleh Senayan.
Rekaman yang muncul adalah Time (waktu), Location (lokasi -nama modul-), dan
Message (keterangan). Message yang muncul dalam System Logs ini meliputi Siapa
(User/Administrator), melakukan apa dan dari mana.
40
$sysconf[‘barcode_encoding’] = ‘128B’;
Gambar 38: System Logs
● Menu Backup Database
Merupakan fasilitas untuk membuat cadangan (backup) database Senayan. Untuk
dapat membuat cadangan, perlu terlebih dahulu didefinisikan letak/path file
mysqldump. Caranya adalah dengan mengedit file sysconfig.inc.php. Cari baris
yang tertulis:
gantilah /usr/bin/mysqldump sesuai dengan letak mysqldump di komputer server.
Setelah path mysqldump tepat, klik Start New Backup maka Senayan akan
membuat cadangan secara otomatis. Format file cadangan yang dibuat Senayan
adalan .sql dan diberi nama sesuai tanggal pembuatan, misalnya:
backup_20080501_123106.sql. Nama file cadangan di atas berarti: dibuat pada
tanggal 1 bulan 5 tahun 2008, pada pukul 12:31:06.
41
$sysconf[‘mysqldump’] = ‘/usr/bin/mysqldump’;
Master File
Dalam modul Master File kita dapat memasukkan data yang dapat digunakan sebagai
master dalam entry data bibliografi. Data-data yang dapat kita definisikan dalam modul
Master File ini adalah:
● GMD
General Material Designation – Bentuk fisik koleksi atau media fisik tempat
penyimpanan informasi.
● Location
Diisikan kode lokasi dan nama lokasi penempatan koleksi
● Publisher*
diisikan nama penerbit dan tempat terbit
● Supplier
merupakan data suplier yang menjadi rekanan perpustakaan dalam
mendapatkan koleksi.
● Author*
Diisikan dengan nama pengarang dan jenis pengarang (pribadi atau
kelompok)
● Topic*
Diisikan dengan topik/subyek dari data koleksi yang kita
masukkan.
● Collection Type
Diisikan dengan tipe koleksi yang dimiliki perpustakaan, misal: Textbook,
Reference
● Place*
Diisikan dengan tempat terbit
● Item Status
Diisikan dengan status item (Repair,On Loan, Reserved). Pada Item Status ini
42
Master File
diisikan Item Status Code, Item Status Name serta Rules. Ada dua pilihan
dalam Rules: No Loan Transaction (item tidak bisa dipinjam, misal: koleksi
digital) dan Skipped by Stock Take (tidak di proses dalam Stock Take)
*) Publisher, Place, Author dan Topic selain dapat diisikan lewat Master File juga
dapat diisikan saat mengisi data bibliografi.
43
Opac
OPAC ( Online Public Access Catalog ), merupakan sarana penelusuran yang
diperuntukkan bagi user. OPAC dalam Senayan ini terdiri dari Simple Search (pencarian
sederhana), Advanced Search (pencarian canggih), navigasi Library Information
(informasi tentang perpustakaan), navigasi Help on Search dan Librarian Login.
Pada Simple Search, pencarian dapat dilakukan dengan mengetikkan kata kunci (judul,
pengarang, subyek…) pada kolom yang tersedia. Sedangkan pada Advanced Search
terdapat tiga kolom pencarian yaitu: khusus Title, khusus Author dan khusus Subject.
Untuk memperoleh ketepatan pencarian disediakan pula pilihan Location.
Informasi pada Library Information dapat disesuaikan dengan perpustakaan/institusi
terkait dengan mengedit file libnfo.inc.php yang terletak pada folder lib. Sementara
untuk mengubah Help on Search, dilakukan dengan mengedit file help.inc.php yang
terletak pada folder lib.
Tampilan awal hasil pencarian bibliografi di dalam OPAC memuat gambar/image, judul,
Pengarang. Selain itu ditambah dengan tombol Detail (untuk melihat detail data
bibliografi) dan XML (untuk mendapatkan format XML).
Tampilan Detail, memuat informasi Title (judul), Edition, Call Number, ISSN/ISBN, Author
(pengarang), Medium, Language (bahasa), Publisher (penerbit), Publish Year (tahun
terbit), Publication Place (tempat terbit), Collation, Abstrac/Notes, Availability
(ketersediaan: berisi informasi total item, item tersedia dan item terpinjam), Location,
Image (gambar) dan File Attachment yang dapat diunduh.
44
OPAC
Gambar 38: OPAC
Gambar 39: Detail OPAC
Gambar 40: hasil XML detail OPAC
45
KONVERSI DATA BIBLIOGRAFI DARI ATHENAEUM KE SENAYAN
Membuat File CSV
Salah satu fungsi melakukan export data pada Athenaeum adalah untuk melakukan backup
data. Melakukan back up data perlu dilakukan untuk mengindari hal-hal yang tidak
diinginkan oleh pengguna Athenaeum seperti kerusakan data dan hal lainnya. Selain untuk
melakukan back up data, melakukan export data pada Athenaeum juga berfungsi untuk
kepentingan lain seperti migrasi dari satu aplikasi ke aplikasi lain.
Pada kesempatan ini, penulis ingin sekedar berbagi pengetahuan kepada rekan-rekan
bagaimana melakukan export data bibliografi (al_catalog) dari Athenaeum ke CSV, yang
mana hasil export data tersebut akan digunakan untuk melakukan migrasi dari aplikasi
Athenaeum Light 8.5 ke aplikasi Senayan versi Stable.
Sebelum melakukan export data dari Athenaeum ke CSV, bukalah aplikasi Athenaeum
dengan menggunakan password yang memiliki hak akses tertinggi. Pada contoh ini saya
menggunakan Athenaeum Light 8.5 dengan password tertinggi “merdeka”
Gambar 41: Membuka Athenaeum Light 8.5 dengan password “merdeka”
46
Gambar 42: Tampilan Athenaeum Light 8.5 dibuka dengan password “merdeka”
Setelah Athenaeum dibuka, Pilihlah menu Katalog yang terdapat pada tampilan
Athenaeum
Gambar 43: Tampilan Katalog pada Athenaeum Light 8.5
47
Lalu klik pada File yang terdapat di pojok kiri atas kemudian pilih Export Records
Gambar 44: Proses Export 1
Akan muncul dialog box Export Records to File. Pada dialog box ini yang kita lakukan
adalah memberi nama file yang akan diexport pada kolom File name dan memilih save as
type Comma-Separated Text Files (*.csv) lalu klik tombol Save (Pada contoh ini, penulis
memberi contoh dengan memberi File name “databuku” )
Gambar 45: Proses Export 2
Sebelum mengklik tombol Save, tentukanlah directory mana file akan akan anda export
tersebut disimpan.
48
Kemudian Saat meng-klik tombol Save, maka akan muncul dialog box Specify Field
Order for Export. Pada dialog box ini yang kita lakukan pertama kali sebelum memilih
field-field yang akan diexport adalah mengubah Current Layout (“List”) menjadi
Current Table (“al_catalog”) dengan cara mengklik combo box berupah tanda panah
ke bawah yang terletak pada bagian kiri jendela dialog box.
Gambar 46: Proses Export 3
49
Gambar 47: Proses Export 4
Dengan mengubah Current Layout (“List”) menjadi Current Table (“al_catalog”)
maka kita akan melihat field-field table al_catalog yang lengkap pada sisi jendel kiri.
Beberapa field yang terlihat pada jendela kiri seperti cat_1, cat_ageCurrent,
cat_ageReading, cat_author, dan seturusnya.
Selanjutnya sebelum kita memilih field-field yang akan kita export, langkah pertama
adalah mengklik tombol Clear All yang terdapat di bagian tengah antara jendela kiri dan
jendela kanan, hasilnya field-field yang terdapat di jendela sebelah kanan secara otomatis
akan kosong.
50
Gambar 48 Proses Export 5
Selanjutnya adalah memilih 17 field yang terdapat pada jendela sebelah kiri dengan cara
melakukan double click atau mengklik satu field kemudian klik tombol Move yang
terdapat pada bagian tengah
Adapun 17 field yang dipilih adalah
– cat_title – cat_itemNotes
– cat_edition – cat_createDate
– cat_ISBN – cat_author
– cat_publisher – cat_itemBarcode
– cat_publishYear – cat_itemId
– ca_deskripsi fisik – cat_itemType
– cat_series – cat_purchaseAmount
– cat_callNumber
– cat_publisher city
– cat_dewey
51
Gambar 49: Proses Export 6
Kemudian, klik tombol Export yang terdapat pada bagian bawah.
Sampai sini, Anda telah menyelesaikan Membuat File CSV dari bab ini.
52
Memodifikasi File CSV
Buka file “databuku.csv” yang dihasilkan dalam proses export dari Athenaeum dengan
Openoffice Calc.
Gambar 50: Membuka *.csv di OpenOffice Calc
Akan muncul dialog box seperti pada gambar 50, Klik OK tanpa melakukan perubaan
apapun..
Gambar 51: Proses Konversi pada OpenOffice Calc
53
Sekarang kita lakukan sedikit trik agar file *.csv yang sudah kita buat dapat diterima oleh
MySQL dengan baik. Klik Edit – Find & Replace atau tekan Ctrl+F pada keyboard.
Gambar 52: Proses Editing data konversi 1
Gambar 53: Proses Editing data konversi 2
54
Isi dengan tanda kutip-ganda (“) pada kolom Search For dan kosongkan isian pada
Replace With. Ulangi langkah seperti pada gambar 52 & 53, tapi pada isian Search For
ganti dengan tanda kutip tunggal (‘) seperti pada Gambar 54.
Gambar 54: Proses Editing data konversi 3
Memodifikasi File CSV Selesai.
Perhatikan, bahwa menghilangkan tanda kutip-ganda ( “ ) dan kutip-tunggal ( ‘ ) pada
tahap ini mengakibatkan perubahan pada data bibliografi Anda. Misalkan, jika data
bibliografi Anda memuat kalimat kutipan langsung/quote (contoh: “a great books for
students”) dan kata kepemilikan dalam bahasa Inggris (contoh: Andrew’s Publishing)
maka tanda-tanda tersebut akan hilang.
55
Mengimport File CSV ke SENAYAN
Jika Anda sudah berhasil menginstal dan menjalankan Senayan, buka PHPMyAdmin
dengan aplikasi browser Anda di URL http://localhost/pma /
Gambar 55: Log-in phpmyadmin
Silahkan login, dengan mengisi username: root dan password: psenayan. Lalu klik GO
Gambar 56: tampilan Phpmyadmin
56
Siapkan dan buka folder “Athenaeum-Senayan/Konversi Athenaeum-Senayan”
yang terdapat pada CD, atau salin/pindahkan folder ini ke komputer Anda. Pada contoh
kali ini, folder tersebut diletakkan di C:
Pada panel sebelah kiri, dibawah tulisan “phpMyAdmin” klik pada tombol bertuliskan SQL
dengan huruf merah. Akan muncul kotak webpage baru yang lebih kecil seperti pada
Gambar 57
Gambar 57: Menu Import Files
Klik Import files lalu Browse dan cari file athe_senayan_1st_phase.sql pada folder
Konversi Athenaeum-Senayan. Klik Open lalu GO.Tunggu sesaat, dan silahkan tutup
webpage kecil tsb.
57
Gambar 58: Browse file
jika proses berhasil,akan muncul tampilan seperti pad Gambar berikut:
Gambar 59: Proses Import berhasil
Pada panel sebelah kiri, pilih database export (1), lalu klik biblio juga pada panel
sebelah kiri.
58
Gambar 60: Tampilan Tabel database export
Klik Import, lalu Browse dan pilih file databuku.csv yang sudah Anda modifikasi di
Memodifikasi File CSV. Klik Open.
Gambar 61: Proses Import data .csv
Setelah file dipilih, pada Format of imported file, pilih CSV lalu ubah isian untuk Fields
terminated by dengan tanda koma ( , ). Klik GO.
59
Gambar 62: Setting Fields Terminated by
Jika berhasil, maka pada halaman tsb akan muncul keterangan seperti pada Gambar 63
Gambar 63: Proses Import berhasil
Klik export (1) yang berhuruf biru di panel kiri, lalu klik Import
60
Gambar 64 Proses Import
Klik Browse, pilih file athe_senayan_2nd_phase.sql pada folder Konversi
Athenaeum Senayan . Klik Open, Lalu GO.
Gambar 65: Browse File untuk Import
61
Jika berhasil,maka akan muncul keterangan seperti pada Gambar 66
Gambar 66: Import Berhasil
Sekarang, kembali ke database senayan dengan memilih pilihan Databes pada panel
sebelah kiri.
Gambar 67: Kembali ke Database Senayan
62
Gambar 68: Tampilan database Senayan
Klik Import, lalu Browse dan pilih file athe_senayan_final.sql dari dalam folder
Konversi Athenaeum-Senayan. Klik Open lalu GO.
Gambar 69: Browse Import (3)
63
Gambar 70: Import (3) berhasil
Jika muncul keterangan seperti pada Gambar 70 di atas, SELAMAT ! Anda telah
berhasil mengkonversi database Anda dari Athenaeum 8.5 ke Senayan 3.0.
64
KONVERSI DATA MEMBER DARI ATHENAEUM KE SENAYAN
Membuat file CSV
Salah satu fungsi melakukan export data pada Athenaeum adalah untuk melakukan backup
data. Melakukan back up data perlu dilakukan untuk mengindari hal-hal yang tidak
diinginkan oleh pengguna Athenaeum seperti kerusakan data dan hal lainnya. Selain untuk
melakukan back up data, melakukan export data pada Athenaeum juga berfungsi untuk
kepentingan lain seperti migrasi dari satu aplikasi ke aplikasi lain.
Pada kesempatan ini, penulis ingin sekedar berbagi pengetahuan kepada rekan-rekan
bagaimana melakukan export data anggota (al_borrower) dari Athenaeum ke CSV, yang
mana hasil export data tersebut akan digunakan untuk melakukan migrasi dari aplikasi
Athenaeum ke aplikasi Senayan.
Bukalah aplikasi Athenaeum dengan menggunakan password yang memiliki hak akses
tertinggi. Pada contoh ini saya menggunakan Athenaeum Light 8.5 dengan password
tertinggi “merdeka”
Gambar 71: Masuk Athenaeum
65
Gambar 72 – Tampilan Athenaeum Light 8.5 dibuka dengan password “merdeka”
Setelah Athenaeum dibuka, gerakkan mouse anda dan pilihlah menu Anggota yang
terdapat pada tampilan Athenaeum
Gambar 73: Data anggota
66
Lalu klik pada File yang terdapat di pojok kiri atas kemudian pilih Export Records
Gambar 74:
Akan muncul dialog box Export Records to File. Pada dialog box ini yang kita lakukan
adalah mengisi pada kolom File name dengan nama data_anggota (harus!), lalu
memilih save as type Comma-Separated Text Files (*.csv). Sebelum mengklik tombol
Save, lokasi file harus diletakkan di folder
psenayan/apache/htdocs/parser_anggota
Gambar 75:
Kemudian Saat meng-klik tombol Save, maka akan muncul dialog box Specify Field
Order for Export. Pada dialog box ini yang kita lakukan pertama kali sebelum memilih
67
field-field yang akan diexport adalah mengubah Current Layout (“List”) menjadi
Current Table (“al_borrower”) dengan cara mengklik tombol pull down menu berupah
tanda panah ke bawah yang terletak pada bagian kiri jendela dialog box.
Gambar 76:
Gambar 77:
68
Dengan mengubah Current Layout (“List”) menjadi Current Table (“al_borrower”)
maka kita akan melihat hasilnya, yaitu muncul field-field table al_borrower pada sisi jendel
kiri. Beberapa field yang terlihat pada jendela kiri seperti brw_1, brw_averageArcLoans,
brw_contactCountry, brw_contactDistrict, dan seterusnya.
Selanjutnya sebelum kita memilih field-field yang akan kita export, langkah pertama
adalah mengklik tombol Clear All yang terdapat di bagian tengah antara jendela kiri dan
jendela kanan, hasilnya field-field yang terdapat di jendela sebelah kanan secara otomatis
akan hilang (bersih)
Gambar 78:
Selanjutnya adalah memilih 11 field yang terdapat pada jendela sebelah kiri dengan cara
melakukan double click atau mengklik satu field kemudian klik tombol Move yang
terdapat pada bagian tengah
Adapun 11 field yang dipilih adalah
– brw_ID – brw_mark
– brw_firstName
– brw_lastName
– brw_contactStreet1
– brw_ contactStreet2
– brw_ contactPostCode
– masa berlaku
– brw_room
– brw_ contactPhone
69
– brw_email
Gambar 79:
Kemudian apabila telah selesai, klik tombol Export yang terdapat pada bagian bawah.
Mengimport file CSV ke SENAYAN
Dari browser Anda buka URL sbb: http:localhost/pma/
70
Gambar 80:
Pada panel sebelah kiri atas Klik SQL yang berhuruf merah, di bawah logo phpMyAdmin.
Klik Import files, Browse, lalu pilih file member_only1_phase.sql yang terdapat di
dalam folder C:\psenayan\Athenaeum-Senayan\Konversi Athenaeum-Senayan\
Member. Klik Open dan kemudian GO.
Gambar 81:
Jika muncul keterangan seperti pada Gambar 82, maka proses telah berhasil berhasil.
71
Gambar 82:
Buka dari browser Anda URL http://localhost/parser_anggota/export2senayan.php , lalu isikan
tanggal kapan Anda melakukan konversi ini dengan format yyyy/mm/dd atau tttt/bb/hh (sebagai
contoh, di sini diisi 2008-03-22 yang berarti 22 Maret 2008) , lalu klik Submit Query.
Gambar 83:
. 72
Gambar 84:
Jangan tutup halaman ini, lalu pindah ke halaman phpMyAdmin, pilih Database senayan. Klik
member.
Gambar 85:
73
Kembali klik SQL dan hapus baris “ SELECT * FROM `member` WHERE 1 “
Gambar 86:
Sorot/pilih semua teks yang ada pada Gambar 86, dan paste (klik-kanan, paste) pada area kosong
yang terlihat pada Gambar 87 ,lalu klik GO (cukup sekali).
Gambar 87:
74
Lalu, lihat di halaman PhpMyAdmin, jika muncul keterangan seperti pada Gambar 88, maka Anda
telah berhasil melakukan konversi data anggota ke SENAYAN.
Gambar 88:
Selamat !!!
75
Credit Title:
Hendro Wicaksono (hendrowicaksono@yahoo.com) — Arie Nugraha
(dicarve@yahoo.com) – Arif Syamsudin (buitenzorg812@yahoo.com) –
M. Rasyid Ridho (ridho_edogawa@yahoo.com) –Sulfan Zayd
(sulfan@gmail.com) — Purwoko (tamanjiwa@gmail.com)
CREATIVE COMMONS CORPORATION IS NOT A LAW FIRM AND DOES NOT PROVIDE LEGAL SERVICES.
DISTRIBUTION OF THIS LICENSE DOES NOT CREATE AN ATTORNEY-CLIENT RELATIONSHIP. CREATIVE
COMMONS PROVIDES THIS INFORMATION ON AN “AS-IS” BASIS. CREATIVE COMMONS MAKES NO
WARRANTIES REGARDING THE INFORMATION PROVIDED, AND DISCLAIMS LIABILITY FOR DAMAGES
RESULTING FROM ITS USE.
License
THE WORK (AS DEFINED BELOW) IS PROVIDED UNDER THE TERMS OF THIS CREATIVE COMMONS
PUBLIC LICENSE (“CCPL” OR “LICENSE”). THE WORK IS PROTECTED BY COPYRIGHT AND/OR OTHER
APPLICABLE LAW. ANY USE OF THE WORK OTHER THAN AS AUTHORIZED UNDER THIS LICENSE OR
COPYRIGHT LAW IS PROHIBITED.
BY EXERCISING ANY RIGHTS TO THE WORK PROVIDED HERE, YOU ACCEPT AND AGREE TO BE
BOUND BY THE TERMS OF THIS LICENSE.
THE LICENSOR GRANTS YOU THE RIGHTS CONTAINED HERE IN CONSIDERATION OF
YOUR ACCEPTANCE OF SUCH TERMS AND CONDITIONS.
Definitions.
• “Collective Work” means a work, such as a periodical issue, anthology or encyclopedia, in
which the Work in its entirety in unmodified form, along with a number of other
contributions, constituting separate and independent works in themselves, are assembled
into a collective whole. A work that constitutes a Collective Work will not be considered a
Derivative Work (as defined below) for the purposes of this License.
• “Derivative Work” means a work based upon the Work or upon the Work and other preexisting
works, such as a translation, musical arrangement, dramatization, fictionalization,
motion picture version, sound recording, art reproduction, abridgment, condensation, or any
other form in which the Work may be recast, transformed, or adapted, except that a work
that constitutes a Collective Work will not be considered a Derivative Work for the purpose
of this License. For the avoidance of doubt, where the Work is a musical composition or
sound recording, the synchronization of the Work in timed-relation with a moving image
(“synching”) will be considered a Derivative Work for the purpose of this License.
• “Licensor” means the individual or entity that offers the Work under the terms of this
License.
• “Original Author” means the individual or entity who created the Work.
• “Work” means the copyrightable work of authorship offered under the terms of this
License.
• “You” means an individual or entity exercising rights under this License who has not
previously violated the terms of this License with respect to the Work, or who has received
express permission from the Licensor to exercise rights under this License despite a previous
violation.
• “License Elements” means the following high-level license attributes as
76
Penjurus
Add New Member…………………………….16, 26, 27
Administrator………………………………………..16, 40
Advanced Search……………………………………..4, 44
Apache………………………………..5, 6, 10, 12, 13, 15
Athe_senayan_1st_phase.sql…………………………57
Athe_senayan_2nd_phase.sql……………………….61
Athe_senayan_final.sql………………………………..63
Athenaeum…………………………………57, 61, 63, 64
Athenaeum…………………………………………………….
Athenaeum Light 8.5……………………………….46
Attachment……………………………………………18, 44
Backup Database…………………………………………41
Barcodes Printing…………………………………..17, 23
CSV…………………………………………………………..46
Current Stock Take………………………………………31
Database. .5, 6, 8, 9, 10, 12, 14, 19, 20, 41, 58, 59,
62, 63, 64
Databuku.csv………………………………………………59
Generate Barcode…………………………………..39, 40
Global System Configuration………………………..36
GNU/Linux…………………………………………..4, 5, 6
Hardware……………………………………………………..5
Holiday Setting……………………………………………38
Init Stock Take………………………………………32, 33
Item……..16, 17, 18, 19, 20, 21, 23, 29, 33, 42, 43
Konversi………………………………………….57, 61, 63
Labels Printing………………………………………17, 22
Library Information……………………………………..44
Linux…………………………………………..4, 5, 6, 7, 10
Loan Report…………………………………………..34, 35
Loan Rules ………………………………………………..29
Login……………………………………………………16, 56
Master File ………………………………….32, 42, 43
Member Report ………………………………………35
Member Type………………………….26, 27, 28, 29
Membership………………………………………26, 27
Module…………………………………………………..36
MySQL……..4, 5, 6, 8, 9, 12, 13, 14, 15, 41, 54
Online Public Access Catalog…………………….4
OPAC………………………………………………………..
Online Public Access Catalog..4, 15, 18, 36,
44, 45
Overdues………………………………………………..30
Pdf…………………………..5, 10, 22, 24, 31, 35, 40
PHP 5………………………………………………………5
Portable…………………………………………6, 12, 40
Quick Return ……………………………………29, 36
Senayan versi Stable………………………………..46
Simple Search……………………………………..4, 44
Software………………………………………….4, 5, 12
Start Transaction………………………………..16, 28
Statistic …………………………………………………34
Stock Take History………………………………….31
Stock Take Report…………………………………..32
System Logs……………………………………..40, 41
Thumbnail………………………………………………..4
Transaction History…………………………………29
User……………………………………4, 16, 37, 38, 40
User Groups……………………………………………38
View Member List…………………………………..26
Web server………………………5, 6, 10, 12, 13, 40
Windows……………………….4, 5, 6, 7, 12, 13, 14
XML……………………………………4, 5, 36, 44, 45
77

2 thoughts on “Modul Senayan

  1. I Made Winadi Yasa

    Ini tulisan yang bagus sekali. Kalau boleh bertanya apa sebabnya kalau pakai program senayan dibuka dengan browser internet ekplore tidak bisa memasukkan nama pengarang, subyek, lampiran, edit dsbnya. Mohon penjelasan.

    Balas
    1. tartojogja Penulis Tulisan

      karena kalau pakai internet eksplor gak supot bisa pakai IE (intente eksplor) versi 9 di anjurkan pakai opera atau monzila.

      Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s